Shohei Matsunaga Mulai Proses Naturalisasi




Enam tahun sudah Shohei Matsunaga menjalani karier sepak bola di Indonesia. Memulai kiprah di Persib Bandung pada tahun 2011, penyerang asal Jepang itu betah tinggal di Indonesia.

Buktinya, ketika terdepak dari skuat Persib di akhir musim, ia tetap menjadikan Indonesia sebagai prioritas untuk melanjutkan karier.Sebelum kembali ke Persib pada tahun 2017, ia pernah membela Persiba Balikpapan (2011/2012-2016) dan Persegres Gresik United (2012-2015).


Lama melanglang buana di kompetisi sepak bola Indonesia, membuat hatinya tergerak untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pemain jebolan Akademi Schalke 04 itu mengungkapkan, keterbukaan dan keramahan masyarakat Indonesia menjadi faktor yang membuat kerasan.

"Saya senang berada di Indonesia. Di sini, semua orang baik dan ramah. Saya juga suka di sini karena orang-orang Indonesia memiliki flosofi kebersamaan yang kental," ucapnya.

Matsunaga mengaku, saat ini dirinya sudah mulai berproses untuk mengubah kewarganegraannya itu. Meski ia sendiri belum tahu kapan keinginannya untuk menjadi WNI terealisasikan, namun beberapa persyaratan sudah ia siapkan.

"Proses naturalisasi sudah saya mulai tapi masih sedikit prosesnya. Saya sudah tahu caranya bagaimana, tapi belum resmi. Saya, dapat bantuan dari teman dan tambah senang, kalau Persib juga mau bantu saya," ujarnya.


Keinginan Matsunaga mendapat sambutan positif dari manajer Persib Umuh Muchtar. Ia mengaku bangga dan siap untuk membantu proses naturalisasi Matsunaga.

"Tentu, sebisa mungkin akan kami bantu, kalau ada keinginan seperti itu dari pemainnya. Matsunaga, kalau mau naturalisasi akan kami usahakan," terangnya.

Melihat prasyarat pengajuan untuk menjadi WNI, beberapa klasifikasi sudah dimilikinya. Salah satunya, ia sudah fasih berbahasa Indonesia. Selain itu, ia juga sudah berada di Indonesia selama lebih dari lima tahun.

sumber:cnnindonesia.com


Tag : Persib
0 Komentar untuk "Shohei Matsunaga Mulai Proses Naturalisasi"

Back To Top