Header Ads

5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Persib atas Persipura


Persib Bandung meraih angka penuh setelah mengalahkan Persipura Jayapura, Minggu (7/5/2017), di Stadion GBLA, Gedebage, Bandung. Gol Michael Essien dari titik penalti membawa Maung Bandung menang.

Kemenangan atas Persipura disyukuri pelatih Djadjang Nurdjaman meski dia belum puas melihat permainan anak asuhnya. Gol dari titik penalti bak keberuntungan bagi Persib karena
Persipura menguasai jalannya pertandingan dan lebih banyak memiliki peluang. Namun, Persib juga memiliki lini pertahanan yang kuat plus penampilan apik sang kiper.

Berikut rangkuman fakta menarik dari duel Persib versus Persipura:

1. Gol Kedua Michael Essien

Duel Persib versus Persipura berlangsung panas dengan tensi tinggi. Pada babak pertama, Persib kehilangan kendali atas penguasaan pertandingan. Persipura mampu melepaskan delapan tembakan, sementara Persib hanya dua. Pada babak kedua Djanur memasukkan Michael Essien menggantikan pemain muda Ahmad Basith.

Essien mencetak gol penentu kemenangan tim Maung Bandung lewat titik penalti setelah pemain Persipura melakukan pelanggaran terhadap Shohei Matsunaga. Ini merupakan gol kedua Essien buat Persib. Gol pertama yang dicetak Essien buat Maung Bandung dihasilkan saat melawan PS TNI pada pekan keempat. Hanya, gol itu tidak mampu membawa Persib menang.

Menariknya, Essien seolah diperlakukan sebagai kartu truf Persib. Dia selalu disimpan pada babak pertama. Dari lima laga yang dilakoninya bersama Persib, Essien baru sekali menjadi starter, yakni pada laga pembuka melawan Arema (15/4/2017).

2. Carlton Cole starter
Carlton Cole akhirnya mendapat kesempatan jadi starter dalam duel Persib melawan Persipura. Tanpa Sergio van Dijk yang masih dibekap cedera, Cole menjadi andalan di lini depan sebagai striker tunggal yang ditopang trisula Ahmad Basith, Agung Mulyadi, dan Atep.

Penampilan Cole kurang menggigit walau menciptakan dua peluang pada babak pertama. Cole malah mendapat kartu kuning akibat melakukan protes berlebihan kepada wasit Hendrik Kristanto. Cole hanya bertahan hingga babak pertama karena Djanur mengganti dengan Shohei Matsunaga.


3. Banjir kartu kuning
Duel Persib versus Persipura berjalan panas sejak menit awal. Pada babak pertama, sudah terjadi banyak pelanggaran baik yang dibuat pemain Persib maupun Persipura. Wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning untuk Vladimir Vujovic, Carlton Cole, Achmad Jufriyanto, Boaz Solossa, Dominggus Fakdawer, Nelson Alom, dan Addison Alves.

4. Penampilan apik Deden Natshir

Persib tidak akan meraih kemenangan apabila penampilan kiper Muhammad Natshir Fadil tidak istimewa. Dede,n yang baru dua kali tampil dalam musim ini, mampu mempertahankan gawangnya dari kebobolan.

Duel melawan Persipura jadi ujian tersendiri bagi Deden. Persipura yang menguasai pertandingan dengan persentase 68 berbanding 32 banyak memiliki peluang emas. Total tim Mutiara Hitam melepaskan tembakan ke arah gawang tujuh kali, sementara Persib hanya satu.
Deden berhasil melakukan blok empat kali dan menjadikan Persib tidak kebobolan dalam tiga partai terakhir pada ajang Liga 1 2017.

5. Rotasi Pemain

Persib Bandung memainkan lima formasi berbeda pada lima pertandingan. Perbedaan yang mencolok ada di lini tengah karena Djanur memiliki banyak amunisi. Pada laga pertama melawan Arema, Michael Essien menjadi starter bersama Gian Zola dan Hariono dalam formasi 4-3-3.

Pada laga kedua melawan PS TNI, giliran Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Ahmad Baasith yang menjadi starter. Saat menghadapi Sriwijaya FC, Dedi Kusnandar, Gian Zola, dan Raphael Maitimo jadi starter.

Ada perubahan di lini depan, yakni Tantan yang didampingi Atep dan Febri Hariyadi. Racikan tersebut berhasil membawa Persib meraih kemenangan perdana dengan skor 2-0 lewat gol Atep dan Febri.

Michael Essien kembali jadi cadangan saat Persib menang di kandang Persegres Gresik United. Namun, dia menjadi aktor dari terciptanya gol tunggal yang dicetak Billy Keraf. Pada duel itu, Essien melepaskan umpan lambung yang disambut Febri, bola diberikan kepada Billy yang tanpa pengawalan.

Pada laga melawan Persipura, Essien kembali dijadikan sebagai kartu truf Persib. Djanur menyimpannya pada babak pertama dan menurunkan Dedi Kusnandar dan Ahmad Basith dalam formasi 4-2-3-1. Sementara, Raphael Maitimo didorong maju dan Carlton Cole sebagai striker tunggal ditopang Atep dan Agung Mulyadi.

sumber:bola.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.