Header Ads

7 Fakta Tentang Ernesto Valverde, Pelatih Baru Barcelona

Ernesto Valverde Gantikan Luis Enrique Jadi Pelatih Barcelona
Ernesto Valverde sudah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona. Pria 53 tahun itu akan jadi pengganti Luis Enrique dan akan dikontrak selama dua tahun.

Lalu, siapakah Valverde? Berikut beberapa fakta tentangnya:

1. Ia adalah mantan pemain Barcelona pada 1988-1990. Ia bermain di bawah arahan  Johan Cruyff dan ikut memenangi Piala Winners UEFA (1989) dan Copa del Rey (1990). Kala itu, ia tampil 22 kali dan mencetak 8 gol.

Baca: Ernesto Valverde Resmi Jadi Pelatih Baru Barcelona  

2. Sebagai pemain, Barcelona adalah klub ketiganya setelah Alaves, Sestao, dan Espanyol. Setelah hangkang dari Barca, ia menghabiskan waktunya sebagai pemain Athletic Bilbao selama 5 tahun lalu memperkuat Mallorca setahun dan akhirnya pensiun.

3. Penyerang ini hanya pernah sekali memperkuat timnas Spanyol.

4. Sebagai pelatih ia memulai dari Athleltic Bilbao dan sebelum berlabuh di Barcelona juga bertugas di sana. Antara tugas pertama dan terakhirnya di Bilbao, ia sempat mengembara ke klub-klub: Espanyol, Olympiacos (2 kali), Villarreal, dan Valencia.

5. Prestasi terbaiknya sebagai pelatih adalah memberi 5 gelar juara untuk Olympiacos, termasuk tiga gelar Liga Yunani. Ia juga membawa Espanyol menjadi runner-up Piala UEFA 2007. Bersama Bilbao ia menjuarai Piala Super Spanyol 2015 dengan mengalahkan Barcelona 5-1. Ia juga mampu membawa Athletic lolos ke kompetisi Eropa pada lima dari enam tahunnya bersama klub, yang hanya mengandalkan pemain-pemain asal Basque.

6. Valverde membawa dua anggota staf kepelatihannya di Athletic ke Barcelona, asistennya selama 15 tahun Jon Aspiazu dan pelatih kebugaran Jose Antonio Pozanco.

6. Tantangan yang dihadapinya tak kecil. Di bawah Luis Enrique, selama tiga tahun, Barcelona berhasil meraih 9 trofi. Enrique kemudian memilih mundur karena tak tahan dengan besarnya tekanan dan kritikan terkait tampilan tim yang dinilai tak konsisten sepanjang musim ini, meski ia masih mampu mengantar Barca merebut trofi Copa del Rey.

7. Valverde akan mengawali laga resminya di Barcelona  dengan menghadapi Real Madrid pada laga pertama Piala Super Spanyol di Nou Camp, pada Agustus. Sebelum itu, ia akan  membawa Barca melakukan tur pramusim ke Amerika Serikat untuk melawan Real Madrid, Manchester United, dan Juventus.

ANTARA

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.