Ivan Carlos: Wasit Menjadi Masalah Besar Sepakbola Indonesia

Kepemimpinan wasit Rihendra Purba asal Medan dalam laga pekan kedelapan Gojek Traveloka Liga 1 antara PS TNI melawan Persela Lamongan dianggap tidak cukup baik. Setidaknya, itu yang dikatakan penyerang Laskar Joko Tingkir, Ivan Carlos de Souza Santos.

Carlos menganggap pengadil pertandingan seharusnya memeberikan menit injury time lebih banyak dari yang seharusnya. Pada pertandingan yang berkesudahan 2-3 untuk kemenangan PS TNI tersebut, wasit mematok waktu tambahan selama tiga menit.

“Kita sudah tahu kualitas wasit bagaimana. Pada pertandingan tadi, wasit hanya memberikan tambahan waktu selama tiga menit. Ini tidak baik. Kualitas wasit menjadi masalah besar untuk sepakbola Indonesia,” ujar Ivan kepada wartawan di Bogor, Minggu, (28/05/17).

Senada dengan pemainnya, pelatih Persela, Heri Kiswanto juga mengkritik kinerja wasit. Herkis, sapaannya, pengadil pertandingan harus tegas menyikapi kejadian yang terjadi di atas lapangan.

Juru taktik asal Aceh tersebut mencontohkan dengan intrik pemain asing. Menurut arsitek berusia 62 tahun tersebut, wasit sudah semestinya memberikan teguran bagi legiun impor yang sering protes dengan nada tinggi.

“Wasit ada beberapa kejadian yang saya soroti. Kita memang berbeda pandangan, namun pada kejadian Ivan Carlos tadi wasit harus tegas,” ujar Herkis.

“Banyak pemain asing banyak bicara, wasit harus tegas soal ini. Saya mau sepakbola enak dilihat, tapi malah banyak suara yang tidak enak didengar. Saya ingin pemain sepakbola kita laiknya atlet sejati. Wasit harus perbaiki hal ini agar lebih baik ke depannya,” tandas Herkis.


Tag : Liga1
0 Komentar untuk "Ivan Carlos: Wasit Menjadi Masalah Besar Sepakbola Indonesia"

Back To Top