Header Ads

Kiprah 3 Marquee Player Klub Liga 1 di Liga Champions Eropa

Sejak memasuki episode baru, kompetisi sepakbola tertinggi di tanah air mulai menampakkan gairahnya. Bertajuk Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia, setiap klub dizinkan untuk mendatangkan sejumlah pemain top dunia.

Para pemain kelas dunia ini kemudian diatur secara resmi dalam regulasi bernama marquee player. Namun, syarat ketat menjadi panduan setiap klub untuk tidak sembarangan mendatangka marquee player.

Salah satunya adalah bahwa marquee player yang didatangkan harus pernah bermain dalam 3 Piala Dunia dalam rentan waktu 3 pneyelenggaraan Piala Dunia terakhir. Bahkan pemain tersebut harus pernah membela klub yang berlaga di liga sepakbola tertinggi Eropa.

Sejumlah klub beruntung mendapatkan pemain yang memiliki curriculum vitae lengkap ditambah dengan pengalaman berlaga di Liga Champions Eropa. Modal tersebut tentu saja membuat sang pemain tidak hanya berkualitas secara skil, tapi juga bersaing secara mental.

Lalu siapa sajakah marquee player Liga 1 yang pernah mencicip geliat Liga Champions Eropa? Berikut hasil ulasan

Didier Zokora

Didier Zokora
Saat ini Didier Zokora berlabuh di skuat Semen Padang. Zokora sempat malang melintang di sejumlah klub Eropa sebelum akhirnya berkarier bersama Kabau Sirah di awal musim Liga 1.

Seperti data yang dihimpun dari Transermarkt.com, Zokora pertama kali bermain di Liga Champions bersama dengan KRC Genk, klub asal Belgia. Pemain asal Pantai Gading ini memainkan 6 laga di Liga Champions pada musim 2002/03.

Zokora juga membantu Sevilla mengarungi kerasnya Liga Champions pada musim 2008/09. Zokora memainkan 8 laga alam turnamen antarklub Eropa ini sebanyak 8 laga.

Terakhir, Zokora membela Trabzosnpor, klub asal Turki ke Liga Champions. 6 laga dimainkan Zokora pada musim 2011/12di Liga Champions.

Mohamed Sissoko
Mohamed Sissoko kini membela Mitra Kukar dalam gelaran Liga 1. Sissoko merupakan salah satu marquee player yang memiliki rekam jijak ciamik di sejumlah klub asal Eropa.

Soal pengalaman di Liga Champions? Jangan ditanya lagi.

Mohammed Sissoko
Sissoko pernah membawa klub sekelas Valencia pada awal kiprahnya di Liga Champions pada musim 2004/05. Berdasarkan informasi dari Transfermarkt.com, Sissoko memainkan 4 laga di Liga Champions pada musim tersebut.

Selanjutnya, Liverpool menjadi pelabuhan baru Sissoko. Selama musim 2005/06 hingga 2007/08, Sissoko selalu bermain di Liga Champions dengan total memainkan 14 laga bersama The Reds.

Musim berikutnya, Sissoko membela Juventus di Liga Champions. Dua musim beruntun, Sissoko membela Si Nyonya Tua berlaga pada musim 2009/10 dan 2010/11 dengan total 8 laga di Liga Champions.

Terakhir, Sissoko membela Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions musim 2012/13. Sayang, Sissoko hanya bermain sebanyak 3 laga pada musim tersebut.


Michael Essien Ketika Juara Lga Champions bersama Chelsea
Michael Essien
Michael Essien menjadi marquee player yang paling sukses kariernya di Liga Champions. Bahkan Essien sempat mengangkat Si Kuping Besar, sebutan trofi Liga Champions, saat membawa Chelsea menjadi kampiun di musim 2011/12.

Menurut informasi dari Transfermarkt.com, Essien bahkan tercatat membela 4 klub besar Eropa bermain di ajang tersebut. Selain Chelsea, Olympique Lyon (2003/04 - 2004/05), Real Madrid (2012/13), dan AC Milan (2013/14) menjadi klub yang pernah dibela pemain asal Ghana ini di Liga Champions.

Total Essien menorehkan 76 penampilan di Liga Champions bersama 4 klub tersebut. Penggawa Persib Bandung ini juga mencatatkan 11 gol dan 7 assists dalam sejarah penampilannya di Liga Champions.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.