Penalty Essien Gagal, Persib Bandung di Tahan Imbang Borneo FC 2-2

Persib vs Borneo/foto simamaung.com
Maung Bandung gagal mengamankan poin penuh setelah hanya bermain 2-2 dengan Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (20/5). Sempat unggul 2-1 lewat Gian Zola dan Vladimir Vujovic, gol Matheus Henrique di akhir pertandingan membuat bentrok kedua tim berakhir imbang.

Meski belum terkalahkan tapi dengan ini Persib gagal memenuhi target meraih kemenangan.
Persib yang menjanjikan permainan yang atraktif turun dengan susunan offensive termasuk memainkan Michael Essien di starting line up.

Selain itu Sergio Van Dijk yang mulai pulih dari cedera pun berlaga sejak menit pertama dan melakoni debut di Liga 1. Sedangkan untuk komposisi pemain belakang, Tony Sucipto kembali masuk skuat inti setelah sebelumnya digeser Supardi di bek kiri.

Untuk kubu tamu, duet Matheus Henrique dan Yamashita Kunihiro tetap diandalkan oleh Pesut Etam di lini belakang. Borneo yang tak bisa menurunkan Lerby Eliandry pun hanya mengandalkan Shane Smeltz di sektor depan sebagai ujung tombak. Borneo sendiri tidak didampingi Dragan Djukanovic di sisi lapangan karena dia menerima sanksi 2 laga dari Komdis.
Babak Pertama
Persib yang berniat menyuguhkan permainan indah langsung menekan di menit pertama. Bahkan ketika partai baru berjalan 2 menit, shoot on goal sudah bisa didapat oleh Maung Bandung lewat kaki Atep. Menerima umpan dari Zola, Atep melakukan gerakan cut inside dan langsung menghujamkan bola ke arah gawang. Tapi bola masib bisa ditangkap Muhammad Ridho.

Namun tampil terbuka justru membuat gawang Persib malah kebobolan lebih dulu lewat kaki pemaib muda, Riswan Yuswan pada menit 17. Flavio Beck yang menerima ruang di depan kotak penalti memberikan umpan terobosan pada Riswan yang lepas dari kawalan stoper Maung Bandung. Tanpa kesulitan, dia melepaskan tembakan keras yang harus membuat Muhammad Natahir memungut bola dari gawangnya.

Persib yang tersengat dengan gol skuat tamu langsung bereaksi. Gian Zola pun sukses menyamakan kedudukan di menit 22 melalui tendangan spektakuler di depan kotak penalti. Berawal dari aksi Essien yang hendak mencetak gol, bola bisa diblok lawan dan bergulir ke depan box. Zola yang berada di posisi yang tepat tanpa ampun melepaskan sepakan keras ke pojok kiri gawang.

Ingin mengamankan poin penuh, Vladimir Vujovic pun mampu membuat seisi GBLA bergemuruh melalui golnya di menit 28. Achmad Jufriyanto yang mendapat bola di kotak penalti memberikan crossing datar ke mulut gawang dan Sergio yang menyambut melanjutkan lewat back heel nya. Bola yang menggelinding ke tiang jauh disodok Vlado untuk membuat skor berubah menjadi 2-1.

Persib yang ingin menambah gol terus melakukan tekanan lewat Michael Essien pada menit 42.

Tendangan bebas akurat yang dilepaskan mengarah ke gawang tapi bisa diselamatkan Muhammad Ridho. Jufriyanto juga sempat mencoba membobol gawang lawan memanfaatkan umpan sepak pojok Essien tapi melebar. Skor 2-1 pun menutup babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Borneo yang butuh gol menambah porsi serangan dengan memasukan Sultan Samma menggantikan Wahyudin Hamisi. Sebaliknya Persib pun memasukan Supardi menggantikan Henhen Herdiana. Sergio Van Dijk yang belum fit 100 persen pun digantikan oleh Shohei Matsunaga untuk membuat lini depan tetap bertaring.

Di babak kedua, serangan Persib tidak segarang babak pertama karena Borneo lebih berani bermain menekan. Hasilnya pasukan Maung Bandung pun dipaksa untuk fokus dalam mengamankan lini pertahanan mereka. Jalannya laga pun menjadi lebih keras karena kedua tim mulai sering melakukan kontak fisik dan wasit beberapa kali mengekuarkan kartu kuning.

Persib yang lebih sering ditekan mampu keluar menyerang dan melancarkan satu serangan berbahaya dari sisi kanan. Berniat menyelesaikan crossing dari Matsunaga, Essien dihadang bek Borneo dan terjatuh. Alhasil wasit Abdul Rahman Salasa pun langsung menunjuk titik putih dan memberi penalti untuk Persib pada menit 70.

Essien yang maju sebagai ekseskutor percaya diri untuk menjalankan tugas dengan sempurna. Marquee player asal Ghana itu pun berniat mempecundangi Ridho lewat eksekusi ala Panenka. Tapi bola malah melambung tinggi di atas mistar dan hilanglah peluang Persib untuk menambah keunggulan.

Borneo sempat mengancam melalui Sultan Samma memanfaatkan blunder Vujovic yang gagal menghalau bola. Samma melaju sendirian ke gawang dan mencoba menaklukan Deden tapi bola sepakannya masih membentur mistar.

Upaya Borneo menyamakan kedudukan pun berbuah hasil setelah sepakan jarak jauh Matheus Henrique pada menit 88. Tanpa penjagaan berarti, stoper asal Brasil tersebut melepaskan cannon ball yang menghujam gawang Deden dan membuat laga berakhir imbang 2-2. Dengan hasil ini Persib tetap menjadi tim yang belum pernah terkalahkan dalam gelaran Liga 1.

Susunan Pemain 

Persib Bandung:

Pelatih:
Djadjang Nurdjaman
1 M. Natshir; 3 Vladimir Vujovic, 16 Achmad Jufriyanto, 6 Tony Sucipto, 21 Henhen; 7 Atep, 5 Michael Essien, 24 Hariono, 8 Gian Zola, 13 Febri Hariyadi; 9 Sergio Van Dijk

Cadangan: 78 I Made Wirawan, 22 Supardi Nasir, 2 Wildansyah, 11 Dedi Kusnandar, 10 Raphael Maitimo, 20 Fulgensius Billy Paji Keraf, 17 Shohei Matsunaga, 12 Carlton Cole, 15 Angga Febryanto Putra

Borneo FC

Pelatih:
Dragan Djukanovic

20 Muhammad Ridho; 17 Abdul Rahman, 4 Matheus Lopes, 5 Kunihiro Yamashita, 32 Leonard Tupamahu; 78 Riswan Yusman, 87 Flavio Beck Junior, 33 Wahyudi Hamisi, 11 Ponaryo Astaman, 28 Terens Puhiri; 10 Shane Smeltz

Cadangan: 97 Nadeo Argawinata, 46 Firly Apriansyah, 7 Zulvin Zamrun, 76 Rifal Lastori, 6 Asri Akbar, 8 Dody Al Fayed, 22 Sultan Samma, 27 Patrich Wanggai


sumber:simamaung.com
Tag : Liga1, Persib
0 Komentar untuk "Penalty Essien Gagal, Persib Bandung di Tahan Imbang Borneo FC 2-2"

Back To Top