10 Striker Impor Ancam Eksistensi Penyerang Lokal di Liga 1

 
Peter Odemwingie Pimpin Daftar Top Skorer sementara Liga 1

JAKARTA - Liga 1 2017 sudah melewati pekan ke-11. Sejauh ini muncul beberapa fakta menarik, salah satunya mengenai penampilan striker asing yang kian subur dalam urusan mencetak gol.

Beberapa di antara mereka baru musim ini mencicipi kompetisi sepak bola Indonesia. Meski begitu, sejumlah nama sudah langsung beradaptasi dengan klubnya masing-masing. Bahkan beberapa striker asing rajin dalam mencetak gol sehingga menutupi eksistensi penyerang-penyerang lokal seperti Bambang Pamungkas, Ferdinand Sinaga, Boaz Salossa, Irfan Bachdim atau Samsul Arif.

Berikut 10 pemain asing yang tercatat 'subur' hingga pekan ke-11 Liga 1:

1. Peter Odemwingie (Nigeria)

Madura United FC (MU) tidak salah membawa Peter Odemwingie ke pentas sepak bola Indonesia. Keberadaan sang pemain langsung memberikan pengaruh besar untuk kubu Sape Kerap. Bahkan Odemwingie langsung menjadi idola baru untuk masyarakat Pulau Garam.

Sejauh ini sang pemain memuncaki daftar top skor dengan torehan 11 gol. Berkat ketajamannya, Odemwingie tak hanya menutupi keberadaan nama-nama pesepakbola dalam negeri. Seolah-olah dirinya juga menghalangi ketenaran marquee palyer Liga 1 semisal Michael Essien, Didier Zokora dan Mohamed Sissoko.

2. Reinaldo Elias da Costa (Brasil)

Striker kebangsaan Brasil ini sukses mematahkan keraguan suporter PSM Makassar. Berstatus pemain buangan dari Pusamania Borneo FC, Reinaldo sempat diragukan pada awal musim Liga 1 2017.

Namun sang pemain ternyata menjelma jadi mesin gol di kubu Juku Eja. Sejauh ini Reinaldo sudah tujuh kali mengoyak gawang lawan.

3. Ivan Carlos (Brasil)
Kebangkitan Persela Lamongan di Liga 1 2017 tak lepas dari performa apik sang striker, Ivan Carlos Franca Coelho. Pada musim pertamanya, striker 27 tahun ini selalu tampil ganas di area penalti lawan.

Hingga pekan ke-11, Ivan Carlos sudah mengoleksi tujuh gol. Catatannya menyamai torehan Reinaldo Elias da Costa dan Lerby Eliandry (Borneo FC).

4. Marclei Santos (Brasil)
Mitra Kukar kembali menemukan striker bertalenta. Usai ditinggalkan Patrick dos Santos Cruz dan Marlon da Silva, kubu Naga Mekes kini memiliki penyerang yang tidak kalah hebat, Marclei Cesar Chaves Santos.

Sejauh ini Marclei sudah membukukan enam gol di Liga 1. Berkaca dari penampilannya tersebut, besar kemungkinan ia akan bersaing memperebutkan gelar top skor di musim ini.

5. Sylvano Comvalius (Belanda)

Pemain didikan Ajax Amsterdam ini langsung nyetel dengan skema permainan Bali United. Meski tak punya banyak waktu untuk beradaptasi, Sylvano Comvalius justru bisa menjawab tantangan yang diberikan Serdadu Tridatu.

Kerja sama yang ia bangun dengan Yabes Roni dan Irfan Bachdim berjalan cukup sukses. Comvalius kini sudah menorehkan enam gol dan sosoknya terus jadi andalan di skuat Pulau Dewata.

6. Thiago Furtuoso (Brasil)
Cedera tidak mengikis kualitas Thiago Furtuoso. Sejak Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 lalu, sang pemain terus memperlihatkan penampilan terbaiknya.

Thiago sempat terkapar selama kurang lebih empat bulan. Namun setelah pulih, dirinya kembali mendapat kepercayaan membela Bhayangkara FC. Sejauh ini striker Brasil tersebut sudah mencetak lima gol di Liga 1.

7. Beto Goncalves (Brasil)

Pemain asal Brasil ini menjadi langganan di daftar teratas pencetak gol terbanyak. Sejak beberapa musim terakhir, Alberto 'Beto' Goncalves konsisten memperlihatkan ketajamannya di depan gawang lawan.

Kualitas Beto sudah terbukti saat ia memperkuat Persipura Jayapura. Puncaknya Beto menyabet gelar top skor saat membela Sriwijaya FC di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 lalu.

8. Bruno Lopes (Brasil)
Sempat tampil buruk di awal musim Liga 1, Bruno Lopes kini menjadi ujung tombak andalan Persija Jakarta. Bahkan pemain 30 tahun itu berhasil mendepak Luiz Junior dari starting XI Macan Kemayoran.

Bruno Lopes ikut berperan penting dalam empat kemenangan beruntun yang diraih oleh Persija. Dari empat kemenangan tersebut, ia sukses menyumbang tiga gol dan sosoknya menjadi idola baru buat The Jakmania.

9. Elio Martins (Portugal)

PS TNI mendaftarkan Elio Martins sebagai marquee player. Meski sempat diragukan karena namanya jarang terdengar, Elio Martins tetap mampu menunjukkan kualitasnya di panggung sepak bola Indonesia.
Hingga pekan ke-11, sang pemain sudah mengoleksi empat gol. Meski adaptasinya tak secepat Reinaldo, Odemwingie atau Comvalius, Elio Martins tetap ditakuti oleh pemain belakang lawan.

10. Greg Nwokolo (Nigeria/Indonesia)

Penyerang Madura United FC (MU) ini sebenarnya berstatus warga negara Indonesia. Namun tak bisa dipungkiri kalau Greg lahir dan besar di Nigeria.

Di Liga 1, Greg sudah menciptakan empat gol. Meski sempat berselisih dengan pelatihnya, Greg tetap memperlihatkan aksi menawan ketika dimainkan dalam sebuah pertandingan. Bahkan ia sudah terlihat klop dengan rekan barunya, Peter Odemwingie.

Lainnya
Pemain-pemain lokal yang sejauh ini dapat bersaing di daftar pencetak gol adalah Lerby Eliandry (Borneo FC/7 gol), Rizky Pora (Barito Putera/4 gol), Boaz Solossa (Persipura/4 gol), Ilham Udin (Bhayangkara FC/4 gol), Anindito Wahyu (Mitra Kukar/4 gol) dan Vendy Mofu (Semen Padang/4 gol).


sumber:sindonews


Tag : Liga1
0 Komentar untuk "10 Striker Impor Ancam Eksistensi Penyerang Lokal di Liga 1"

Back To Top