Header Ads

Sempat Unggul, Timnas U-19 Kalah 1-2 dari Skotlandia

Vitrolles - Tuntas sudah perjalanan tim nasional Indonesia U-19 di Toulon Tournament 2017. 'Garuda Muda' kalah 1-2 dari Skotlandia setelah sempat unggul lebih dulu.

Pertandingan yang berlangsung di Stade Jules-Ladoumegue, Selasa (6/6/2017) malam WIB berlangsung menarik dan terbuka. Para pemain depan Indonesia cukup membuat Skotlandia kerepotan dengan kecepatan-kecepatan mereka.

Meski demikian, di awal laga Indonesia sempat gugup menghadapi tekanan Skotlandia. Sebuah peluang dari Aidan Nesbitt di menit ke-8 membentur tiang.

Kiper Muhammad Riyandi kemudian disibukkan dengan sepakan Ryan Hardie dari luar kotak penalti di menit ke-13, yang disusul tendangan jarak dekat Craig Wighton dua menit kemudian.

Tapi Indonesia malah kemudian unggul lebih dulu. Bermula dari kesalahan kontrol bola dari bek Skotlandia, Hanis Saghara merebut penguasaan dan menyelesaikannya dengan sepakan ke pojok kiri bawah gawang.

Indonesia mulai lebih percaya diri. Beberapa kali skuat asuhan Indra Sjafri itu melancarkan serangan cepat, namun bola-bola terakhir masih kerap terpatahkan.

Di menit ke-33, Skotlandia menyamakan skor. Sepakan Hardie dari dalam kotak penalti usai menerima umpan Nesbitt mengoyak jala gawang Riyandi.

Sebuah sepakan dari Hanis Saghara di menit ke-35 masih terlalu tinggi. Sementara Skotlandia sempat nyaris menambah gol saat umpan silang Wighton mengarah ke gawang dan susah payah ditepis Riyandi. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Lima menit babak kedua berjalan, Indonesia menebar ancaman lewat Hanis Saghara. Sepakannya masih melebar. Upaya Adha Nurrokhim tak lama berselang cuma melesat sedikit di atas gawang.

Upaya balasan dari Skotlandia lewat tendangan bebas di menit ke-56 tak cukup berbahaya.

Indonesia dihukum penalti di menit ke-64, usai Rahman Lestaluhu melanggar Anthony Ralston. Hardie maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya, membuat Skotlandia unggul 2-1.

Skotlandia kembali mengancam dengan sundulan Wighton di menit ke-72 tapi bisa diamankan Riyandi. Indonesia merespons lewat Hanis Saghara, namun upayanya masih melambung.

Tekanan lain dari Skotlandia di menit ke-73, sepakan Joseph Thomson ditepis Riyandi. Percobaan lain dilancarkan Hardie di menit ke-81, tapi melebar.

Indonesia sempat menekan di sisa waktu, tapi kesulitan mendapatkan celah. Skor tak berubah hingga laga usai. Hasil ini menempatkan Indonesia di peringkat empat Grup C, gagal mengumpulkan poin di tiga pertandingan.

Posisi teratas ditempati Republik Ceko dengan enam angka dari dua laga. Skotlandia punya poin sama di urutan kedua, tapi sudah bermain tiga kali. Posisi mereka masih berpeluang dilewati Brasil yang punya nilai tiga dari dua laga.

Susunan pemain:

Indonesia: Riyandi, Marasabessy, Nurhidayat Haris, Irianto, Rahman Lestaluhu (Andika 67'), Witan, Luthfi Kamal, Fandi Witriawan (Iqbal 32'), Egy Maulana (Hidayat 65'), Hanis Saghara, Adha Nurrokhim (Feby Eka 50')

Skotlandia: Ruddy, Ralston, Iacovitti, McCart, Taylor, Wilson, McCrorie, Nesbitt (Holsgrove 41'), Frizzell (Thomson 69'), Hardie (Jules 87'), Wighton (Sammut 80')
(detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.