Timnas Indonesia U-19 Kalah Tipis 0-1 dari Brasil U-20 di ajang Toulon Cup 2017


Timnas Indonesia U-19 telan kekalahan tipis 0-1 atas Brasil U-20. Bertanding di ajang Toulon Cup 2017, gol tunggal di pertandingan tersebut dicetak oleh Gabriel Novaes di babak pertama.

Babak I
Brasil langsung melakukan inisiatif serangan sejak peluit kick off dibunyikan. Bahkan tiga peluang langsung dikreasikan oleh tim Samba Muda di tiga menit pertama.

Indonesia U-19 sejatinya mencoba untuk menguasai tempo pertandingan. Terlihat dari bagaimana anak asuh Indra Sjafri berani memainkan bola dari kaki ke kaki mulai dari lini belakang, sayang, rapatnya barisan gelandang lawan kerap menyulitkan.

Sepanjang 10 menit laga berjalan, Timnas Indonesia U-19 tercatat baru satu kali melakukan penetrasi ke kotak penalti Brasil. Adalah Egy Maulana yang mengirimkan bola ke zona berbahaya tim Samba di menit 6.
Sebaliknya, Brasil kerap mendapatkan peluang lewat tusukan-tusukan dari sayap. Bek kiri Indonesia, Andika Firza acap kali menjadi bulan-bulanan Brasil yang mengincar sisi tersebut selama 20 menit laga berjalan.

Namun secara keseluruhan, Timnas Indonesia U-19 lebih menguasai pertandingan. Kesulitan Irianto Rachmat dan kawan-kawan hanyalah menembus rapatnya lini tengah tim Samba.

Menit 28, lewat serangan cepat, Brasil nyaris membuka keunggulan melalui winger kiri mereka, Fernandes Pereira Paulo Vitor. Memanfaatkan cut inside, pemain bernomor punggung 7 itu melepaskan tendangan yang masih menyamping di kiri kiper Muahammad Riyandi.

Beberapa kali terdengar pula komentator mengatakan jika Indonesia bermain sangat solid, rapi, dan percaya diri. Hanya saja, ada missing link antara lini belakang dengan lini tengah, sehingga bola dengan mudah direbut oleh Brasil.
Menit 36, pelanggaran keras dilakukan oleh Firza. Ia menghantam lutut kiri Junior Emerson. Beruntung peluang dari tendangan bebas tidak membahayakan gawang Riyandi.

Petaka terjadi menit 38. Memanfaatkan rebound hasil tendangan Emerson, Gabriel Novaes yang berada di kotak penalti tanpa kawalan dengan leluasa mencetak gol ke gawang Indonesia.

Skor 1-0 bertahan hingga wasit asal Angola meniupkan peluit tanda pertandingan babak pertama berakhir.

Babak II
Di babak kedua, tepatnya 10 menit awal, Brasil belum terlihat mengendurkan tekanan yang mereka terapkan ke lini pertahanan Timnas Indonesia.

Indonesia masih sulit menembus pertahanan Brasil U-20, demikian pula Brasil yang kerap temui tembok besar di tengah pertahanan Indonesia. Alhasil, Samba Muda mengandalkan sisi sayap.

Peluang terbaik Indonesia muda lahir di pertengahan babak kedua. Witan Sulaeman yang berhasil menggiring bola melewati rapatnya pertahanan Brasil sanggup lepaskan tembakan yang sayangnya masih mengenai mistar gawang.

Di babak kedua ini, secara garis besar anak asuh Indra Sjafri bermain jauh lebih baik. Total ada empat tembakan, di mana dua di antaranya mengarfah ke gawang.

Statistik Timnas U-19 vs Brasil. Copyright: Supersoccer.tvStatistik Timnas U-19 vs Brasil.
 
Egy Maulana Vikri juga mengancam melalui tendangannya jelang laga berakhir. Sayang, sepakannya masih lemah dan berhasil diamankan oleh kiper Brasil U-20, Phelipe.

Skor 1-0 bagi keunggulan Brasil bertahan hingga peluit panjang. Ini merupakan kekalahan di laga perdana Indonesia U-19. Masih ada dua laga lagi, melawan Skotlandia dan Ceko.

Berikut susunan pemain Indonesia U-19 dan Brasil U-20:

INDONESIA (4-3-3): Muhammad Riyandi, Haris Nurhidayat, Muhammad Iqbal, Baharsyahv Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikry, Marasabessy Muhammad Rifa, Rachmat Irianto, Feby Eka Putra, Hanis Saghara Putra, Firza Andika

BRASIL (4-1-2-3): Phelipe Megiolaro, Emerson Aparecido, Walce Da Silva Costa, Gabriel Oliveira, Gabriel Kazu, Michael Rangel Dos Santos, Paulo Vitor, Vinicius Costa De Souza, Rodrigues Oya Fabrício Keiske, Marcos Cipriano, Novaes Fernandes Gabriel
Tag : Timnas
0 Komentar untuk "Timnas Indonesia U-19 Kalah Tipis 0-1 dari Brasil U-20 di ajang Toulon Cup 2017"

Back To Top