Header Ads

Wasit yang Memimpin Laga PS TNI Vs Persija Dinilai Salahi Aturan

Wasit Fariq Hitaba saat memimpin laga PS TNI vs Persija

PSSI menetapkan bahwa wasit Fariq Hitaba yang bertugas saat laga antara PS TNI melawan Persija Jakarta bersalah karena bertindak tidak sesuai aturan. Dia pun langsung dinonaktifkan.

Fariq Hitaba menjadi sorotan saat memimpin laga PS TNI kontra Persija pada pekan ke sepuluh Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (8/6/2017) malam. Di menit ke-85, dia memutuskan memberikan penalti pada PS TNI setelah melihat Ryuji Utomo melakukan handball.

Namun, Fariq Hitaba kemudian memutuskan untuk melihat tayangan ulang insiden tersebut dengan bantuan kamera di pinggir lapangan. Setelah itu, wasit asal Yogyakarta itu langsung membatalkan penalti tersebut.

Keputusan itu membuat pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco terkejut. Sementara pelatih PS TNI, Ivan Kolev mengaku tidak bisa menerima keputusan itu.

"PSSI sudah diskusi di komite wasit dan itu confirm error karena video assistant referee (VAR) itu belum diterapkan. Jadi di law of the game wasit mengambil keputusan atas apa yang dia lihat, didengar, dan dikonsultasikan kepada asisten wasit cukup," ujar Sekjen PSSI, Joko Driyono di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Sabtu (10/6/2017).

"Tidak ada informasi lain termasuk melalui tayangan ulang dan apapun," sambungnya.

Keputusan itu kemudian membuahkan hasil negatif bagi sang wasit sendiri. Sebab, PSSI langsung menegurnya dengan tegas.

"Oleh karenanya komite wasit confirm kemarin yang bersangkutan untuk tidak ditugaskan dan finalnya untuk berapa lama nanti komite wasit yang memutuskan." tandasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.