Liga 1: PSM Vs PERSIB: Adu Gengsi Sesama Mantan Perserikatan



Partai klasik akan tercipta dalam lanjutan pekan ke-29 GOJEK TRAVELOKA LIGA 1, Minggu (15/10).  Tim "Juku Eja"  PSM Makassar akan menjamu Persib "Maung Bandung" di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.
 
Pertarungan dua tim alumnus kompetisi perserikatan ini diperkirakan akan berjalan seru dan menarik. Bukan hanya karena kedua tim sama-sama mengincar tiga poin, namun duel ini juga adu gengsi antarjuara perserikatan.

Sejarah mencatat Persib Bandung adalah tim yang menjadi "Pemilik Tetap" trofi kompetisi perserikatan karena dalam edisi terakhir di tahun 1994 tim Maung Bandung menjadi kampium setelah mengalahkan PSM 2-0 di Stadion Senayan Jakarta (GBK).

Aroma tersebut akan berlanjut besok malam dengan kekuatan dan kondisi berbeda. Kubu tuan rumah berusaha menjaga asa juara. Klub yang dilatih oleh Robert Rene Albert kini bercokol diposisi kelima dengan poin 52 dan berjarak 7 poin dari pimpinan klasemen sementara Bhayangkara FC.

Jika sukses membekuk Persib, tim Juku Eja bisa terus menjaga asa tersebut. Namun jika gagal merebut 3 poin, bukan tidak mungkin mimpi merebut gelar juara akan sirna.

Di lain pihak, masih belum berhasilnya tim asuhan Emral Abus untuk meraih poin sempurna dalam lima pertandinan terakhir bisa menjadi motivasi untuk mengalahkan tim tuan rumah. Persib datang ke Makassar dengan catatan rekok tak pernah kalah dari PSM Makassar dalam 4 pertemuan terakhir. 

Dalam lawatan terakhir ke stadion yang dulu bernama Mato Angin ini, Atep dan kawan-kawan  sukses menahan PSM dengan skor 2-2.

Bukan hanya PSM Makassar yang sulit menang jika berhadapan dengan Persib Bandung, Robert Rene Albert pun memiliki rekor yang kurang bagus kala bersua tim yang bermarkas di Stadion Si Jalak Harupat ini.

Sejak 2009, pelatih berkebangsaan Belanda ini sudah 6 kali bertemu Persib, dua kali saat menukangi Arema Malang dan empat kali bersama PSM Makassar, Rene belum pernah mengalahkan Persib. Dua kali imbang dan empat kali kalah.

Tim Juku Eja sedikit diuntungkan oleh absennya beberapa pemain inti Maung Bandung seperti Raphael Maitimo dan Dedi Kusnandar. Selain itu kehadiran dua mantan pemain Persib Ferdinand Sinaga dan Zulham Zamrun juga sedikit banyak akan menguntungkan tuan rumah.

Namun Persib kembali diperkuat winger cepat Febri Hariyadi yang sempat absen saat Persib menjamu Barito Putera, Senin lalu akibat kartu merah yang didapatnya. Hadirnya pemain yang di juluki "RX Bow" ini diyakini akan sangat merepotkan Hamka Hamzah dan kolega di lini belakang PSM.

Mampukah PSM Makassar terus menjaga asa untuk tampil di kompetisi di level Asia atau Persib Bandung yang akan meneruskan rekor tak terkalahkan di Stadion Andi Mattalatta? *

Perkiraan Formasi 

PSM MAKASSAR (4-3-3)
Syaiful (PG)
Zulkifli Syukur - Hamka Hamzah - Anthony Paulle - Reva Adi Utama
Marc Anthony Klok - Rizky Pellu - Willem Jan Pluim
Zulham Zamrun - Pavel Puriskhin - Ferdinand Sinaga

Cadangan
Deni Marchel (PG), Ardan Aras, Washiat Hasbullah, Syamsul Haerudin, Ridwan Tawainella, Titus Bonai, Muhammad Arfan
Pelatih : Robert Rene Albert


PERSIB BANDUNG (4-2-3-1)
Muhammad Natshir (PG)
Henhen Herdiyana - Vladimir Vujovic - Achmad Jufriyanto - Tony Sucipto
Hariono - Kim Kurniawan 
Febri Hariyadi - Michael Essien - Matsunaga Shohei

Ezechiel N'Douassel

Cadangan
Made Wirawan (PG), Wildansyah, Purwaka Yudhi, Supardi Nasir, Gian Zola, Fulgensius Billy, Atep
Pelatih: Emral Abus


Tag : Liga1
0 Komentar untuk "Liga 1: PSM Vs PERSIB: Adu Gengsi Sesama Mantan Perserikatan"

Back To Top